KESESUAIAN AKI KENDARAAN BERMOTOR TIPE L YANG BEREDAR DI PASARAN DENGAN SNI
Abstract
Unjuk kerja aki kendaraan bermotor dipengaruhi oleh parameter kapasitas dan karakteristik pelepasan arus besar. Persyaratan dan metode pengujian parameter kapasitas dan karakteristik pelepasan arus besar produk aki kendaraan kategori L terdapat pada SNI 4326:2013. Aki dinyatakan mempunyai kapasitas dan karakteristik pelepasan arus besar yang baik bila nilai hasil pengujiannya lebih besar atau sama dengan nilai ambang batas standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja aki kendaraan bermotor tipe L yang beredar di pasar. Sampel aki yang dipakai sebanyak 33 merek, yang terdiri dari 4 tipe aki. Pada setiap merek aki digunakan sampel sebanyak 3 buah. Sampel ini diambil dari 20 kota di Indonesia secara acak. Peralatan uji yang dipakai untuk pengujian kapasitas adalah Battery Life Cycle Tester, sedangkan untuk pengujian karakteristik pelepasan arus besar digunakan peralatan uji Computer Controlled Reserve Capacity Tester dan Temperature Shock Test Chambers. Dari hasil pengujian dan pengamatan disimpulkan bahwa 4 merek(12,12%) tidak lolos uji kapasitas, 24 merek(72,72%) tidak lolos uji karakteristik pelepasan arus besar dan hanya 8 merek (24,24%) yang memenuhi persyaratan sesuai SNI karena lolos uji kapasitas dan karakteristik pelepasan arus besar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisasmito, W. (2018). Bahaya Kesehatan Peleburan Aki Bekas Secara Liar. Retrieved from https://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/18/10/22/pgzd6a328-bahaya-kesehatan-peleburan-aki-bekas-secara-liar
Badan Standardisasi Nasional. (2011). Peraturan Kepala Badan Standardisasi Nasional Nomor 1 tahun 2011 tentang Pedoman Standardisasi Nasional Nomor 301 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia Secara Wajib. Jakarta, Indonesia: Badan Standardisasi Nasional.
Badan Standardisasi Nasional. (2013). SNI 4326: 2013 - Aki untuk kendaraan bermotor kategori L. Jakarta, Indonesia: Badan Standardisasi Nasional.
BSN, Humas. (2019). Aki Berlabel SNI Palsu Marak. Retrieved from http://bsn.go.id/main/berita/detail/7813/aki-berlabel-sni-palsu-marak#.XZCl-WayTIU
Dinis, C.M., Popa, G.N., & Iagar. A. (2015). Study on sources of charging lead acid batteries. IOP Conference Series Materials Science and Engineering 85(1). doi:10.1088/1757-899X/85/1/012011
Esfahanian, V., Ansari, A.B., Bahramian, H., Kheirkhah, P., & Ahmadi, G. (2014). Design parameter study on the performance of lead-acid batteries. Journal of Mechanical Science and Technology, 28(6), 2221-2229. doi:10.1007/s12206-014-0123-5
Flores, L.P., Lara, G.L.D., Garcia, S., Flores, R., & Videa, M. (2011). Construction and Characterization of lead acid Negative Active Material+Carbon Paste Electrodes. ECS Transactions, 36(1), 29-35. doi:10.1149/1.3660596
Hao, H., Chen, K., Liu, H., Wang, H., Liu, J., Yang, K., & Yan, H. (2018). A review of the positive electrode additives in lead-acid batteries. International Journal of Electrochemical Science, 13(3), 2329-2340. doi:10.20964/2018.03.70
Hariprakash, B., & Mane, A.U., Martha, S.K., Gaffoor, S.A., Shivashankar, S.A., & Shukla, A.K. (2004). A Low-Cost, High Energy-Density lead/acid Battery. Electrochemical and Solid-State Letters, 7(3), A66-A69. doi:10.1149/1.164575
Ioannou, S., Dalamagkidis, K., Stefanakos, E.K., Valavanis, K.P., & Wiley, P.H. (2016). Runtime, Capacity and discharge Current Relationship for lead acid and Lithium Batteries. 24th Mediterranean Conference on Control and Automation (MED), 46-53. doi:10.1109/MED.2016.7535940
Keshan, H., Thornburg, J., & Ustun, T.S. (2016). Comparison of lead-acid and Lithium Ion Batteries for Stationary Storage in Off-Grid Energy Systems. 4th IET Clean Energy and Technology Conference, 1-7.
doi:10.1049/cp.2016.1287
Kwiecien, M., Schröer, P., Kuipers, M., & Sauer, D.U. (2017). Current research topics for lead-acid batteries. lead-acid Batteries for Future Automobiles, 133-146. doi:10.1016/B978-0-444-63700-0.00004-0
Lambert, D.W.H., Manders, J.E., Nelson, R.F., Peters, K., Rand, D.A.J., & Stevenson, M. (2000). Strategies for enhancing lead-acid battery production and performance. Journal of Power Sources, 88(1), 130-147. doi:10.1016/S0378-7753(99)00521-2
Latif, M., Nazir, R., & Hamdi, R. (2013). Analisa Proses Charging Akumulator Pada Prototipe Turbin Angin Sumbu Horizontal Di Pantai Purus Padang. Jurnal Nasional Teknik Elektro.
May, G.J., Davidson, A., & Monahov, B. (2018). lead batteries for utility energy storage: A review. Journal of Energy Storage, 15, 145-157. doi:10.1016/j.est.2017.11.008
Moseley, P.T., & Rand, D.A.J. (2004). Changes in the demands on automotive batteries require changes in battery design. Journal of Power Sources, 133(1), 104-109. doi:10.1016/j.jpowsour.2003.12.034
Moseley, P.T., Rand, D.A.J., & Peters, K. (2015). Enhancing the performance of lead-acid batteries with carbon - In pursuit of an understanding. Journal of Power Sources, 295, 268-274. doi:10.1016/j.jpowsour.2015.07.009
Pavlov, D. (2011). lead-acid Batteries: Science and Technology. Amsterdam: Elsevier Science.
Putra, H.P. (2010). Studi Karakteristik Pelepasan Muatan Baterai lead acid Terhadap Variasi Beban RLC. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/detail?id=20249094&lokasi=lokal#parentHorizontalTab2
Sequeira, C.A.C., & Pedro, M.R. (2007). lead-acid Battery Storage. Ciência e Tecnologia dos Materiais, 19(1-2).
Sugumaran, N., Everill, P., Swogger, S.W., Dubey, D.P. (2015). lead-acid battery performance and cycle life increased through addition of discrete carbon nanotubes to both electrodes. Journal of Power Sources, 279, 281-293. doi:10.1016/j.jpowsour.2014.12.117
DOI: http://dx.doi.org/10.31153/js.v22i2.784
Refbacks
- There are currently no refbacks.