Jurnal Standardisasi

Notifications

Editorial Board

Reviewer

Journal Help

Font Size



Home Search Mail RSS


DAMPAK IMPLEMENTASI STANDAR WAJIB MELALUI PERDAGANGAN PRODUK, UNSUR PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PELAKU USAHA

Endi Hari Purwanto, Febrian Isharyadi

Abstract


Perdagangan bebas memengaruhi nilai ekspor impor Indonesia karena menjadi negara berjumlah penduduk besar yang berpotensi bagi penjualan barang-barang impor. SNI wajib telah diberlakukan oleh regulator sebanyak 267 standar tetapi banyak produk impor yang tidak memenuhi persyaratan tersebut. Asumsinya, regulasi teknis berdampak positif pada perdagangan Indonesia sehingga meningkatkan produksi dalam negeri. Diharapkan pelaku usaha mampu memproduksi produk dengan memperhatikan keamanan, keselamatan dan kesehatan masyarakat serta fungsi lingkungan hidup. Tujuan penelitian adalah menganalisis dampak implementasi SNI wajib oleh industri dari sudut pandang perdagangan produk, unsur perlindungan konsumen dan pelaku usaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, untuk perdagangan produk menggunakan metode wawancara langsung pada industri sehingga diperoleh dampak sementara dan kontinyu. Pada unsur perlindungan konsumen menggunakan analisis data uji petik produk ber-SNI di pasar dan untuk pelaku usaha menggunakan metode wawancara terhadap industri untuk menganalisis dampak dari 3 variabel yaitu: volume penjualan, jumlah pengaduan dan biaya produksi dengan 3 parameter yaitu meningkat, menurun dan tetap. Hasilnya memperlihatkan pemberlakuan SNI secara wajib bagi industri, sebagian memberikan dampak positif dan negatif, tergantung produk yang diimplementasi. Namun, secara umum disimpulkan bahwa kebijakan pemerintah untuk menerapkan SNI melalui regulasi memberikan dampak meningkatkan volume penjualan produk bagi perusahaan (76 % dari 17 produk yang dijadikan sampel), menurunkan jumlah pengaduan produk cacat di pasar (53 %) dan meningkatkan biaya operasional perusahaan (71 %). Peningkatan biaya ini disebabkan adanya beban biaya sertifikasi produk yang meliputi: biaya penyediaan sampel dan biaya pengujian.

Keywords


SNI, perdagangan produk, unsur perlindungan konsumen, pelaku usaha, SNI wajib.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31153/js.v18i2.704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.