NILAI-NILAI BUDAYA MUTU DI INDUSTRI JASA (Studi Kasus PT. Para Bandung Propertindo)
Abstract
Di era persaingan pasar global, konsumen menuntut produk/jasa yang bermutu dengan harga yang lebih murah. Sejalan dengan pergeseran paradigma tersebut, perusahaan berlomba-lomba menerapkan strategi untuk meningkatkan mutu produk layanannya. Salah satu strategi yang banyak digunakan adalah dengan menerapkan sistem manajemen mutu (SMM) berbasis SNI ISO 9001:2008, yang akan membantu perusahaan dalam meningkatkan mutunya. Di sisi lain, sebuah perusahaan harus memiliki budaya organisasi yang mendukung adanya peningkatan mutu perusahaan, yang dikenal sebagai budaya mutu, yang merupakan nilai, keyakinan, dan perilaku karyawan di dalam organisasi yang berfokus pada mutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai budaya mutu di industri jasa, yaitu di sebuah Mall di Bandung yang dikelola PT. Para Bandung Propertindo (PT.PBP), dengan responden manajer menengah dan karyawan bagian penjaminan mutu, dengan teknik penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis gap untuk mengetahui tingkat kematangan budaya mutu dalam penerapan SMM di PT.PBP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai budaya mutu di PT.PBP adalah 0,25 (dari skala 5) untuk nilai kebersamaan, akses ke informasi dan fokus pada proses; 0,33 untuk komunikasi terbuka dan jujur; serta 0,42 untuk sikap egaliter dan pembelajaran.
Keywords
SNI ISO 9001:2008, Sistem Manajemen Mutu (SMM), budaya mutu, nilai
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31153/js.v15i1.659
Refbacks
- There are currently no refbacks.