Jurnal Standardisasi

Notifications

Editorial Board

Reviewer

Journal Help

Font Size



Home Search Mail RSS


KARAKTERISTIK BRACKET TORQUE ROD MATERIAL ALUMUNIUM PADA AC4CH

Djoko Wahyu Karmiadji, Rizky Erfiansyah Saputra Wijaya

Abstract


Lokalisasi komponen di Indonesia meningkat setelah tahun 2004 muncul Peraturan Pemerintah No.41 tahun 2013 mengenai program lokalisasi komponen sehingga perusahaan ATPM diwajibkan membuat komponen lokal sebesar 80% sebagai syarat produksi kendaraan LCGC. Akan tetapi pengembangan kendaraan bermotor atau industri otomotif pada umumnya mengalami berbagai kendala diantaranya belum seluruhnya industri pendukung seperti bahan baku dan komponen dibuat didalam negeri.

Penelitian dilakukan mengikuti prosedur, antara lain melakukan studi literature menyangkut karakteristik material AC4CH  untuk spesifikasi produk, dan merancang teknis pengujian yang sesuai persyaratan diinginkan desainer. Selanjutnya menyiapkan bahan pengujian berupa material yang telah diproses menjadi produk bracket torque rod yang telah diberi perlakuan panas T6. Specimen uji disiapkan sesuai dengan standar yang diacu dan dimensi produk bracket torque rod.

Dengan membandingkan material AC4C dan AC4CH melalui standard JIS H 5202 dan analisis komposisi kimia serta karakteristik mekanis, material AC4CH bisa digunakan sebagai material pengganti AC4C untuk digunakan pada pembuatan produk bracket torque rod dalam negeri.

Keywords


material AC4CH, bracket torque rod, komposisi kimia, karakteristik mekanis

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31153/js.v19i1.446

Refbacks