Studi Penerapan ISO 9001 pada layanan administrasi di perguruan tinggi XYZ
Abstract
Penerapan SNI ISO 9001 : 2008 telah merambah sektor pendidikan, termasuk Perguruan Tinggi. Salah satufenomena unik dalam penerapan SNI ISO 9001 : 2008 pada Perguruan Tinggi adalah pemilihan jasa administrasisebagai lingkup sertifikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan motif Perguruan Tinggi menerapkanSNI ISO 9001 : 2008 pada lingkup jasa administrasi, memaparkan rancangan sistem manajemen mutuPerguruan Tinggi untuk menerapkan ISO 9001 pada lingkup jasa administrasi, serta mengkaji hubungan antaramotif penerapan dan rancangan system manajemen mutu SNI ISO 9001 : 2008 pada lingkup jasa administrasidengan konteks sebuah Perguruan Tinggi swasta. Metode penelitian yang digunakan adalah Participatory ActionResearch pada Perguruan Tinggi XYZ yang berlokasi di Banten. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa motif PTXYZ dalam menerapkan SNI ISO 9001 : 2008 pada lingkup administrasi adalah motif eksternal sementararancangan sistem manajemen mutunya bersifat minimalis untuk memenuhi persyaratan SNI ISO 9001 : 2008saja. Lebih lanjut, tulisan ini akan menjelaskan hasil kajian hubungan antara motif dan rancangan sistemmanajemen mutu.
Keywords
Sistem Manajemen Mutu, SNI ISO 9001 : 2008,Perguruan Tinggi XYZ
DOI: http://dx.doi.org/10.31153/js.v13i3.40
Refbacks
- There are currently no refbacks.