ANALISA STANDAR DAN STRATEGI INDUSTRI KOPI SIAP MINUM DALAM KEMASAN
Abstract
Banyaknya produk kopi ready to drink (RTD) atau kopi siap minum dalam kemasan yang beredar di Indonesia menandakan bahwa bisnis ini memiliki peluang pasar yang besar. Masing-masing produsen berlomba-lomba menciptakan strategi untuk meraih pasar yang ada. Strategi adalah alat untuk mencapai tujuan dimana perumusannya memerlukan mekanisme yang tidak sederhana. Keberadaan Standar Nasional Indonesia (SNI) sangat penting untuk memberikan jaminan kepada konsumen akan mutu produk kopi siap minum dalam kemasan meskipun merk yang beredar di pasar berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa terhadap SNI 01-4314-1996 dan strategi produk kopi siap minum dalam kemasan. SNI 01-4314-1996 telah berusia lebih dari 5 tahun dan 5 (lima) dari 7 (tujuh) standar acuan yang digunakan juga telah berusia lebih dari 5 tahun, sehingga standar ini sudah selayaknya untuk dilakukan proses kaji ulang. Sedangkan usulan strategi yang dihasilkan dari penghimpunan informasi dari eksternal dan internal perusahan antara lain low cost and best value, menurunkan presentase kandungan kopi dalam RTD, menambah variasi rasa dan kemasan, meningkatkan frekuensi iklan dalam televisi.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31153/js.v18i3.334
Refbacks
- There are currently no refbacks.