KAJIAN STRATEGI PEMASARAN SNI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENERAPAN SNI
Abstract
Dalam perdagangan internasional, aspek daya saing menjadi faktor utama untuk merebut pasar dunia. Salah satu langkah peningkatan daya saing nasional adalah dengan penerapan standar. Berdasarkan data hasil survey penerapan SNI tahun 2008 dan 2009, faktor-faktor penyebab rendahnya tingkat penerapan SNI antara lain karena pasar, akses terhadap SNI, proses penerapan SNI, penggunaan standar lain, spesifikasi proses produksi, tidak perlu SNI. Kajian ini bertujuan menentukan strategi pemasaran SNI dalam meningkatkan efektivitas penerapan SNI. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisa SWOT. Hasil analisis SWOT, saat ini pemasaran SNI oleh Badan Standardisasi Nasional berada pada kuadran 2, di mana strategi yang diciptakan adalah menggunakan kekuatan internal untuk mengatasi ancaman. Pada tahapan ini, strategi pemasaran SNI yang direkomendasikan antara lain penyelesaian UU Standardisasi, pemberian insentif penerapan SNI, meningkatkan bentuk dan frekuensi promosi SNI melalui TV dan berbagai media lainnya, meningkatkan penegakan law enforcement dalam penerapan SNI, review sistem pengambilan keputusan MTPS.
Keywords
SNI, pemasaran, strategi
DOI: http://dx.doi.org/10.31153/js.v13i2.128
Refbacks
- There are currently no refbacks.