PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEBERADAAN TANDA SNI DALAM MEMILIH PRODUK BERAS
Abstract
Tanda SNI pada kemasan merupakan pembuktian bahwa suatu produk telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), yang menunjukkan suatu produk terjamin kualitasnya. Beras merupakan makanan pokok bagi penduduk Indonesia, keberadaan tanda SNI pada produk beras akan memudahkan konsumen dalam memperoleh produk beras yang terjamin kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh tanda SNI terhadap preferensi konsumen dalam memilih produk beras. Pendekatan metode penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif melalui Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan melakukan perbandingan faktor pendorong bagi konsumen dalam memilih suatu produk yaitu tanda SNI, rasa, merk, harga dan kemasan. Hasil penelitian terhadap 106 responden berdasarkan usia, pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan, menunjukkan bahwa faktor rasa merupakan pendorong utama sebagai preferensi konsumen dalam memilih produk beras, tanda SNI menjadi faktor pendorong yang lebih kuat bagi konsumen dalam memilih produk beras dibandingkan merk dan kemasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aiman, A., Handaka, A. A., & Lili, W. (2017). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Produk Olahan Perikanan Di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Cikurubuk, Kec Mangkubumi). Jurnal Perikanan Dan Kelautan Unpad, 8(1), 8–18. https://doi.org/http://jurnal.unpad.ac.id/jpk/article/view/13902
Anggraeni, P., & Wibowo, A. (2021). Studi Literatur Terkait Penerapan Standar Masker pada Publikasi Riset di Masa Pandemi Covid-19. Pertemuan Dan Presentasi Ilmiah Standardisasi, 2021, 199–206. https://doi.org/10.31153/ppis.2021.132
Antou, S. W., Siwu, J. F., & Mallo, J. F. (2013). Manfaat Helm dalam Mencegah Kematian Akibat Cedera Kepala pada Kecelakaan Lalu Lintas. Jurnal Biomedik, 5(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.35790/jbm.5.1.2013.2603
BSN. (2017). Tentang SNI. Badan Standardisasi Nasional. https://bsn.go.id/main/sni/isi_sni/20115/tentang-sni
Cantika, F. N., Prasetyo, E., & Setiadi, A. (2021). The Consumer Preference to the Beef Product at Traditional Market in Semarang City. Jurnal Social Ekonomi Pertanian, 15(2), 257–267. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/SOCA.2021.v15.i02.p03
De Pelsmaeker, S., Schouteten, J. J., Lagast, S., Dewettinck, K., & Gellynck, X. (2017). Is taste the key driver for consumer preference? A conjoint analysis study. Food Quality and Preference, 62, 323–331. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2017.02.018
Feldmann, C., & Hamm, U. (2014). Title : Consumers ’ perceptions and preferences for local food : A review. Food Quality and Preference, September. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2014.09.014
French, S. A. (2003). Pricing Effects on Food Choices. The Journal of Nutrition, 133(3), 841–843. https://doi.org/https://doi.org/10.1093/jn/133.3.841S
Gracia, A. (2016). Consumer preferences for food labeling : What ranks fi rst ? Food Control, 61, 39–46. https://doi.org/10.1016/j.foodcont.2015.09.023
Hasbi, A. R., & Sari, H. (2019). Preferensi Konsumen Tehradap Produk Olahan Sagu. Jurnal Galung Tropika, 8(3), 235–242. https://doi.org/10.31850/jgt.v8i3.494
Hidayat, S. I., & Savitri, S. E. (2020). Preferensi Konsumen Beras di Pasar Krian Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Social Economic of Agriculture, 09(02), 101–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/j.sea.v9i2.43005
Ikhwansyah, I., & Sirait, R. (2020). Penerapan Standar Nasional Indonesia Produk Beras Yang Beredar Pada Masyarakat Dalam Perspektif Perlindungan Konsumen. Rectical Review, 2(1), 26–38. https://doi.org/https://online-journal.unja.ac.id/RR/article/view/8659
Isharyadi, F., & Kristiningrum, E. (2021). Profile of system and product certification as quality infrastructure in Indonesia. Open Engineering, 11, 556–569. https://doi.org/https://doi.org/10.1515/eng-2021-0054
Isharyadi, F., Suminto, S., & Wibowo, A. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Produk Bertanda Sni Di Kota Denpasar, Banjarmasin, Mataram Dan Manado. Jurnal Standardisasi, 19(1), 71. https://doi.org/10.31153/js.v19i1.440
Kabeakan, N. T. M. B. (2019). Deskripsi Karakteristik Konsumen dan Pengaruh Faktor Internal Terhadap Keputusan Pembelian Beras Merah di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 227–234. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3614
Kotsanopoulos, K. V, & Arvanitoyannis, I. S. (2017). The Role of Auditing , Food Safety , and Food Quality Standards in the Food Industry : A Review. 00, 1–16. https://doi.org/10.1111/1541-4337.12293
Louhenapessy, B. B., Anggundari, W. C., Prasetya, B., Yopi, Y., Kristiningrum, E., Darmayanti, N. T. E., Isharyadi, F., Tampubolon, B. D., Khairiyati, L., & Anggraeni, P. (2022). Consumer Preferences Towards the Selection of Products Market with the National Standard of Indonesian (SNI). AIP Conference Proceedings, 2664(November). https://doi.org/10.1063/5.0109967
Mardiah, Z., Rakhmi, A., Indrasari, S., & Kusbiantoro, B. (2016). Evaluasi Mutu Beras Untuk Menentukan Pola Preferensi Konsumen Di Pulau Jawa. Jurnal Penelitian Pertanian Tanaman Pangan, 35(3), 163–180.
Masni, Y. (2014). Analisis Preferensi Konsumen dalam Berbelanja di Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin.
Massijaya, M. A., Sumaedi, S., Yarmen, M., Rakhmawati, T., Widianti, T., & Bakti, I. G. Y. (2016). Pemilihan Sni Wajib Sebagai Objek Penelitian Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp). Jurnal Standardisasi, 17(2), 117. https://doi.org/10.31153/js.v17i2.311
Melillo, P., & Pecchia, L. (2016). WHAT IS THE APPROPRIATE SAMPLE SIZE TO RUN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS IN A SURVEY-BASED RESEARCH ? Proceedings of the International Symposium on the Analytic Hierarchy Process, 1–2. https://doi.org/https://doi.org/10.13033/isahp.y2016.130
Muljaningsih, S. (2011). Preferensi Konsumen dan Produsen Produk Organik di Indonesia. WACANA, Jurnal Sosial Dan Humaniora, 14(4), 1–5.
Mulyasari, V. K., Prasetyo, E. P., & Sumarjono, D. S. (2020). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Durian Lokal di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.01.9
Munte, G. (2017). Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi Konsumen terhadap Preferensi Konsumen Beras (Vol. 6, Issue 1). Universitas Sumatera Utara.
Nauli, O. (2019). ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERDAHAP BERAS LOKAL DI KOTA MEDAN. Universitas Sumatera Utara.
Nurdin, M. F., Handayani, & Damayanti, L. (2017). PENGARUH PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH APEL IMPOR DI HYPERMART PALU GRAND MALL. Jurnal Agroland, 24(2), 103–112. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AGROLAND/article/view/8780
Pratiwi, L. F. L., & Al Rosyid, A. H. (2020). Analisis Preferensi Konsumen dan Strategi Pengembangan Atribut Produk Beras di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(3), 1073–1083.
Putri, L. Q. N., & Effendi, J. (2020). Faktor-faktor yang Memengaruhi Preferensi Nasabah terhadap Produk Rahn: Studi Kasus PT. BPRS Amanah Ummah. Al-Muzara’Ah, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.29244/jam.8.1.1-16
Putri, N., & Iskandar, D. (2014). Konsumen Dalam Penggunaan Social Messenger Di Kota Bandung Tahun 2014 ( Studi Kasus : Line , Kakaotalk , Wechat, Whatsapp). Jurnal Manejemen Indonesia, 14(2), 110–127. https://doi.org/https://doi.org/10.25124/jmi.v14i2.356
Rahardjo, C. R. (2016). Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 32–43. https://doi.org/10.37715/jp.v1i1.106
Rina, T. (2020). Perlindungan Konsumen Tentang Produl Elektronik Standar Nasional Indonesia (SNI) Wajin di Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Sari, R. K. (2014). Analisis Impor Beras di Indonesia. Economics Development Analysis Journal, 3(2), 320–326. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/edaj.v3i2.3838
Septiadi, D., & Joka, U. (2019). Analisis Respon dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Beras Indonesia. Portal Jurnal Unimor, 4(3), 42–44.
Setyoko, A. T., Isharyadi, F., & Kristiningrum, E. (2018). Kinerja dan Respon Industri Atas Pemberlakuan SNI Wajib. Jurnal Standardisasi, 19(3), 207–218. https://doi.org/https://doi.org/10.31153/js.v19i3.613
Shaharuddin, S., Zamaludin, A., Hashim, R., Hadi, M. A., & Ming, L. C. (2015). Assessing consumer preference using community pharmacy preference evaluation questionnaire (ComPETe): A pilot survey in a Malaysia city. Tropical Journal of Pharmaceutical Research, 14(7), 1299–1303. https://doi.org/10.4314/tjpr.v14i7.25
Steenhuis, I. H. M., Waterlander, W. E., & Mul, A. De. (2011). Consumer food choices : the role of price and pricing strategies. Public Health Nutrition, 14(12), 2220–2226. https://doi.org/10.1017/S1368980011001637
Suismono, & Darniadi, S. (2010). Prospek Beras Berlabel SNI. Pangan, 19(1), 30–39. https://doi.org/https://doi.org/10.33964/jp.v19i1.108
Sumarwan, U. (2015). Pemasaran strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan. IPB Press.
Susanto, D. A., & Kristiningrum, E. (2019). PENGARUH PEMBERLAKUAN WAJIB SNI BATERAI PRIMER TERHADAP IMPOR PRODUK BATERAI PRIMER INDONESIA. Jurnal Standardisasi, 21(2), 91–100. https://doi.org/https://doi.org/10.31153/js.v21i2.731
Syahrir, S., Taridala, S. A. A., & Bahari, B. (2015a). PREFERENSI KONSUMEN BERAS BERLABEL Syahrir1,. Agriekonomika, 4(1), 10–21.
Syahrir, Taridala, S. A. A., & Bahari. (2015b). Preferensi Konsumen Beras Berlabel. Agriekonomika, 4(1), 10–21. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v4i1
Wibowo, A. (2018). Pengetahuan Masyarakat Dki Jakarta Terhadap Produk Bertanda Sni. Jurnal Standardisasi, 20(2), 119. https://doi.org/10.31153/js.v20i2.691
Wijayanti, M. R. (2011). Analisis preferensi konsumen dalam membeli daging sapi di pasar tradisional kabupaten karanganyar. Universitas Sebelas Maret.
Yuanitasari, D., & Muchtar, N. (2019). Aspek Hukum Standarisasi Produk di Indonesia dalam Rangka Masyarakat Ekonomi ASEAN. 25(3), 538–559. https://doi.org/10.20885/iustum.vol25.iss3.art6
Yunita, & Arbi, M. (2019). Karakteristik Konsumen dan Prefernsinya Terhadap Atribut Beras Berdasarkan Golongan Tingkat Pendapatan di Kota Palembang. JSEP, 12(3), 59–70. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jsep.v12i03.14500
Yunita, Y., Lifianthi, L., & Arbi, M. (2019). Preferensi Konsumen terhadap Tingkat Kepentingan Atribut Beras dan Konsumsi Beras Rumah Tangga dengan Pendapatan yang Berbeda di Kota Palembang. Prosiding Seminar Nasional Lahan Suboptimal, 1, 978–979.
DOI: http://dx.doi.org/10.31153/js.v26i2.1020
Refbacks
- There are currently no refbacks.