Jurnal Standardisasi

Notifications

Editorial Board

Reviewer

Journal Help

Font Size



Home Search Mail RSS


STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) SEBAGAI ASET BRANDING DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU UMKM

Ratih Paramithasari, Widodo Agus Setianto, Rahayu Rahayu, Lisa Lindawati

Abstract


Pada era persaingan usaha yang makin kompetitif dan terbuka, daya saing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) perlu ditingkatkan dengan mendorong para pelaku UMKM untuk menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Namun, belum ada penelitian yang mengungkap aktivitas branding atas sertifikasi SNI yang dimiliki UMKM untuk dapat meningkatkan keuntungan. Padahal, UMKM perlu berkembang agar mampu melakukan pemeliharaan dan sertifikasi ulang SNI secara mandiri. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengkaji strategi komunikasi merek dengan SNI sebagai aset branding dalam komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communication atau IMC) yang diterapkan oleh para UMKM role model penerap SNI Binaan BSN. Dalam penelitian ini, para UMKM yang menjadi role model adalah UMKM yang telah melakukan resertifikasi secara mandiri, yang ditulis menjadi studi multi kasus dan disajikan secara kualitatif. Penelitian ini menggunakan konsep dimensi brand asset milik Aaker (1991) yaitu dimensi brand awareness, brand association, brand loyalty dan perceived quality; serta menggunakan pilar IMC Kliatchko (2008) yaitu stakeholders, channel, content, dan result sebagai framework. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pilar stakeholders, channel, dan content memiliki karakteristik yang serupa. Dari pilar result, ditemukan bahwa pemilihan tipe asosiasi yang tepat menjadi komponen penting dalam menciptakan brand awareness dan brand association yang positif bagi merek. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap bahwa sebagai aset branding, SNI dapat membantu secara manajerial strategi komunikasi merek untuk mencapai dimensi brand loyalty dan mengelola sinyal perceived quality.


Keywords


branding, integrated marketing communication (IMC), UMKM, Standar Nasional Indonesia (SNI).

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1991). Managing brand equity: Capitalizing on the value of a brand name. New York, 28(1), 35-37.

Aaker, D.A. (1996). Building Strong Brands. The Free Press.

Aaker, D.A. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Spektrum.

Alhusain, A. S. (2016). Kendala dan upaya pengembangan industri batik di Surakarta menuju standardisasi. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 6(2), 199-213.

Ananda, Y. P. (2022). Building And Communicating Brand By Micro, Small And Medium Enterprises (Msmes). Jees: Journal Of Economic Empowerment Strategy, 5(2), 68-81.

Derickson, G. (2019, September 5). Communicating Powerful 'Reasons to Believe' in Healthcare Marketing. LinkedIn. Diakses pada 23 Agustus 2022 dari https://www.linkedin.com/pulse/communicating-powerful-reasons-believe-healthcare-gina-derickson

Gahagho, J. (2021). Pemberlakukan Ketentuan Pidana Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian. Jurnal Lex Privatum, 9(10).

Gill, M. S., & Dawra, J. (2010). Evaluating Aaker's sources of brand equity and the mediating role of brand image. Journal of targeting, measurement and analysis for marketing, 18, 189-198.

Herjanto, E. (2011). Pemberlakuan SNI secara wajib di sektor industri: efektifitas dan berbagai aspek dalam penerapannya. Journal of Industrial Research (Jurnal Riset Industri), 5(2).

Ishak, A. A. (2015). Totalitas Implementasi Rumusan Continuous Improvement Untuk Peningkatan Daya Saing Produk UMKM. In Proceeding of International Conference Sustainable Competitive Advantage (Vol. 5, No. 1).

Isharyadi, F., Suminto, S., & Wibowo, A. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Produk Bertanda SNI di Kota Denpasar, Banjarmasin, Mataram dan Manado. Jurnal Standardisasi, 19(1), 71-78.

Kapferer, J. N. (2012). The new strategic brand management: Advanced insights and strategic thinking. Kogan page publishers.

Keller, K. L. (2013). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity – Global Edition. Pearson Education Limited.

Kirmani, A., & Rao, A. R. (2000). No pain, no gain: A critical review of the literature on signaling unobservable product quality. Journal of marketing, 64(2), 66-79.

Kliatchko, J. (2008). Revisiting the IMC construct: A revised definition and four pillars. International Journal of Advertising, 27(1), 133-160.

Kliatchko, J. G., & Schultz, D. E. (2014). Twenty years of IMC. International Journal of Advertising, 33(2), 373–390. https://doi:10.2501/ija-33-2-373-390

Larceneux, F., Benoit-Moreau, F., & Renaudin, V. (2011). Why Might Organic Labels Fail to Influence Consumer Choices? Marginal Labelling and Brand Equity Effects. Journal of Consumer Policy, 35(1), 85–104. https://doi.org/10.1007/s10603-011-9186-1

Lehmann, S., Liedtke, N., Rothschild, P., & Trevino, E. (2020). The future of brand strategy: It’s time to ‘go electric’. McKinsey & Company. Diakses pada 1 Mei 2023 dari https://www. mckinsey. com/capabilities/growth-marketing-and-sales/our-insights/the-future-of-brand-strategy-its-time-to-go-electric.

Lindawati, L. (2018). Kekuatan Cerita dalam Bisnis Sosial. Jurnal Studi Pemuda, 7(2), 100-110.

Louhenapessy, B. B., Anggundari, W. C., Prasetya, B., Yopi, Y., Kristiningrum, E., Darmayanti, N. T. E., ... & Anggraeni, P. (2022, November). Consumer preferences towards the selection of products market with the national standard of Indonesian (SNI). In AIP Conference Proceedings (Vol. 2664, No. 1, p. 040009). AIP Publishing LLC.

Majasoka, L., Sumarwan, U., & Muflikhati, I. (2020). The PERILAKU KONSUMEN GULA PASIR: KETERKAITANNYA DENGAN PENGETAHUAN LABEL, BAURAN PEMASARAN, DAN KESADARAN MEREK. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 13(3), 289-302.

Pari, F. (2020). Pendekatan Strukturasi Adaptif dalam Komunikasi Inovasi Standar Nasional Indonesia di Kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Doctoral dissertation, IPB University).

Parris, D. L., & Guzman, F. (2023). Evolving brand boundaries and expectations: looking back on brand equity, brand loyalty, and brand image research to move forward. Journal of Product & Brand Management, 32(2), 191-234.

Rosiawan, M., Singgih, M. L., & Widodo, E. (2018). The benefit attributes of the Indonesian National Standard (SNI) product. In SHS Web of Conferences (Vol. 49, p. 01003). EDP Sciences.

Sastryawanto, H. (2016). Penyusunan Rencana Aksi Daerah Penumbuhan dan Penguatan (RAD-PP) Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ilmiah Sosio Agribis, 16(2).

Saville, R., Satria, H. W., Hahidumardjo, H., & Ansori, M. (2020). Youth social networking service (SNS) behavior in Indonesian culinary activity. Journal of Distribution Science, 18(4), 87-96.

Setianto, W. A. (2021). Transformasi Model Periklanan: Dari Era Pre-industrial Hingga Era Interaktif Global. In M. Sulhan & Lidwina, M.S. (Eds). Jagat Komunikasi Kontemporer: Ranah, Riset, dan Realitas. Gadjah Mada University Press.

Setiawan, H., Budiarto, D., Soejono, F., & Pranata, L. (2019). Pelatihan Pemahaman Penerapan Manajemen Mutu SNI ISO 9001: 2008. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 3(1), 37-45.

Setyawati, S. M. (2019, 18 Desember). Penyakit-penyakit Pemasaran (Marketing Diseases) pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia [Orasi Ilmiah]. Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman.

Sukoco, S. A. (2018). New Komunikasi Pemasaran teori dan aplikasinya. Pustaka Abadi.

Susanto, A. B., & Wijarnako, H. (2004). Power branding: Membangun merek unggul dan organisasi pendukungnya. Mizan Pustaka.

Susanto, D. A., Suseno, H., Kristiningrum, E., & Nugraheni, A. (2022). The impact of the Covid 19 pandemic on the performance of SNI certified SMEs. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2664, No. 1, p. 040002). AIP Publishing LLC.

Susanto, D.A., Isharyadi, E., Aliyah, N. (2016). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Usaha Kecil Menengah dalam Menerapkan Standar secara Konsisten. Jurnal Standardisasi. 18 (2): 129–138.

Spence, M., & Hamzaoui Essoussi, L. (2010). SME brand building and management: an exploratory study. European Journal of Marketing, 44(7/8), 1037-1054.

https://doi.org/10.1108/03090561011047517

Thompson, C. J., Rindfleisch, A., & Arsel, Z. (2006). Emotional branding and the strategic value of the doppelgänger brand image. Journal of marketing, 70(1), 50-64.

Wibowo, A. (2018). Pengetahuan Masyarakat DKI Jakarta Terhadap Produk Bertanda SNI. Jurnal Standardisasi, 20(2), 119-128.

Yin, R. K. (2009). Case study research : design and methods. 4th ed. Sage.




DOI: http://dx.doi.org/10.31153/js.v26i1.1019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.