Analisis SWOT dan QSPM Pada Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) X Demi Keunggulan Bersaing Dalam Pemberlakukan Standar Nasional Indonesia (SNI) Produk Pelumas Secara Wajib
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman dan mengetahui strategi bersaing yang tepat bagi LSPro X dalam pemberlakuan SNI Wajib produk Pelumas berdasarkan analisa SWOT dan QSPM. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive dengan informan kunci Managing Director LSPro X, informan utama Operations Departement LSPro X, dan informan tambahan berasal dari Quality & Compliance Departement LSPro X. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan metode kualitatif dengan eksplorasi secara SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukan strategi yang menjadi prioritas utama adalah pengembangan pemasaran dengan meningkatkan kemampuan dan saluran pemasaran terhadap layanan sertifikasi SNI Produk lain yang dimiliki oleh LSPro X.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdel-Basset, M., Mohamed, M., & Smarandache, F. (2018). An extension of neutrosophic AHP-SWOT analysis for strategic planning and decision-making. Symmetry, 10(4). https://doi.org/10.3390/sym10040116
Admaja, A. F. S. (2013). Studi Kesiapan Direktorat Standardisasi Dalam Menerapkan SNI ISO/IEC 17065. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 11(3), 223-234. https://doi.org/10.17933/bpostel.2013.110304
Akhiriyanto, J. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Produk Baju Dengan Menggunakan Metode SWOT Dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Pada PT. X. Universitas Mercu Buana.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta
Arisandi, M., & Priangkoso, T. (2012). Analisa Pengaruh Bahan Dasar Pelumas Terhadap Viskositas Pelumas Dan Konsumsi Bahan Bakar. Momentum, Vol. 8, No. 1, 56 - 61. Universitas Wahid Hasyim Semarang
Arismunandar, Wiranto. (2005). Penggerak Mula Motor Bakar Torak, edisi kelima cetakan kedua. Penerbit ITB
Chang, H. H., & Huang, W. C. (2006). Application of a quantification SWOT analytical method. Mathematical and Computer Modelling, 43(1–2), 158–169. https://doi.org/10.1016/j.mcm.2005.08.016
David, F. R. (2011). Strategic Management; Concepts and Cases. Prentice Hall
Fauziyah, S. R., Fahma, F., & Zakaria, R. (2019). An Assesment of Sebelas Maret University Readiness to Establish Product Certification Bodies (LSPro) for Bottled Drinking Water (AMDK) Products Based on SNI ISO/IEC 17065:2012. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 598, 012003. https://doi.org/10.1088/1757-899x/598/1/012003
Ghazinoory, S., Abdi, M., & Azadegan-Mehr, M. (2010). SSGG metodologija: Praeities ir ateities analizė. Journal of Business Economics and Management, 12(1), 24–48. https://doi.org/10.3846/16111699.2011.555358
Hilman, M. S., & Kristiningrum, E. (2007). Studi Penerapan SNI Oleh Lembaga Penilaian Kesesuaian. Jurnal Standardisasi, 9(2), 64. https://doi.org/10.31153/js.v9i2.35
Isharyadi, F., & Kristiningrum, E. (2021). Profile of system and product certification as quality infrastructure in Indonesia. Open Engineering, 11(1), 556–569. https://doi.org/10.1515/eng-2021-0054
Johannesen, D. T. S., Lindøe, P. H., & Wiig, S. (2020). Certification as support for resilience? Behind the curtains of a certification body - A qualitative study. BMC Health Services Research, 20(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s12913-020-05608-5
Lexy, J Moleong. (2008) Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya
Nowicki, P., & Kafel, P. (2021). Remote certification processes during global pandemic times. SHS Web of Conferences, 92, 01037. https://doi.org/10.1051/shsconf/20219201037
Nugroho, S. R., & Sunarno, H. (2012). Identifikasi Fisis Viskositas Oli Mesin Kendaraan Bermotor terhadap Fungsi Suhu dengan Menggunakan Laser Helium Neon. Jurnal Sains dan Seni, 1 - 5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Nurfaizi, A., Anam, K., & Prasetyo, I. (2019). Analisa Gangguan Sistem Pelumasan pada Mesin Toyota Avanza 1300 CC. Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 4(1), 1-10
Nurzanah, D. A., Rimawan, E., & Kholil, M. (2015). Formulasi Strategi Pemasaran Marcks’ Venus Dalam Menghadapi Persaingan Produk Kosmetik Dengan Menggunakan Metode SWOT, IE Dan Quantitative Strategic
Planning Matrix (QSPM). JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 2 (2), 29-38
Peraturan Badan Standardisasi Nasional Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Rencana Stategis Periode 2020 – 2024
Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia Pelumas Secara Wajib
Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Lembaga Penilaian Kesesuaian Dalam Rangka Pemberlakuan dan Pengawasan Standar Nasional Indonesia Pelumas Secara Wajib
Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Perindustrian
Porter, M. E. (2007). Strategi Bersaing (competitive strategy). Tangerang: Kharisma Publishing Group
Prayogi, P. R. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Dengan Metode Analisis SWOT Dan QSPM Pada Food And Beverage Company Di Bogor. Universitas Mercu Buana.
Purwanto, E. H., & Ayuningtyas, U. (2016). Dampak Pemberlakuan Sni Mainan Anak Secara Wajib Terhadap Industri Dan Lembaga Penilaian Kesesuaian (Lpk). Jurnal Standardisasi, 18(3), 183. https://doi.org/10.31153/js.v18i3.225
Purwanto, Iwan. (2008). Manajemen Strategi. CV. Ryama Widya.
Putro, Dheni Anggoro. (2007). Analisis Sistem Pelumasan Pada Mesin Toyota Kijang Seri-5K.
Rangkuti, Freddy. (2006). Analisis SWOT teknik membelah kasus bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Bengkulu. Jurnal Manusia dan Lingkungan, 16(1), 188
Ratnasari, D. (2015). Analisis SWOT Dan Penerapan Business Model Canvas Pada UD. X, UKM Pembuat Minuman Beralkohol. Institut Teknologi Surabaya
Sevkli, M., Oztekin, A., Uysal, O., Torlak, G., Turkyilmaz, A., & Delen, D. (2012). Development of a fuzzy ANP based SWOT analysis for the airline industry in Turkey. Expert Systems with Applications, 39(1), 14–24. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2011.06.047
Siahaan, P. E. (2008). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Restoran Rice Bowl (Studi Kasus Pada Restoran Rice Bowl Botani Square, Bogor). Institut Pertanian Bogor.
Society of Automotive Enginers (SAE) J300, 2015 Engine Oil Viscosity Classification
Suharyani, Y. D. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Capaian Kinerja Organisasi Dalam Penyelesaian Penyusunan Kebijakan Dan Regulasi Di Bidang Energi Pada Sekretariat Jenderal
Dewan Energi Nasional. Universitas Mercu Buana.
Sumaedi, S. (2010). ISO 9001 implementation studies on Small Medium Enterprise: Motives, problems, and benefits. Jurnal Standardisasi, 12(3), 197–201.
Suminto, S. (2005). Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk Melalui Penerapan ISO 9000. Jurnal Standardisasi, 7(1), 22-29. https://doi.org/10.31153/js.v7i1.7
Sutawijaya, A. H., Mochtar, I. L., & Nawangsari, L. C. (2018). Quality certification and customer satisfaction. European Research Studies Journal, 21(3), 266–279. https://doi.org/10.35808/ersj/1059
Terziovski, M., & Guerrero, J.-L. (2014). ISO 9000 Quality System Certification and its Impact on Product and Process Innovation Performance. 158: 197-207
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2014 Tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian
Utami, M.M.D., & Kustiari, T (2015). Perumusan Strategi Pengembangan Agribisnis Tembakau Di Kabupaten Jember Menggunakan Analisa SWOT. Jurnal Teknologi Pertanian, 16(1), 65–74.
Verboncu, I., & Condurache, A. (2016). Diagnostics vs. SWOT Analysis. Revista de Management Comparat Internațional, 17(2), 114–122.
Wang, X. P., Zhang, J., & Yang, T. (2014). Hybrid SWOT approach for strategic planning and formulation in china worldwide express mail service. Journal of Applied Research and Technology, 12(2), 230–238. https://doi.org/10.1016/S1665-6423(14)72339-9
DOI: http://dx.doi.org/10.31153/js.v24i1.971
Refbacks
- There are currently no refbacks.