Jurnal Standardisasi

Notifications

Editorial Board

Reviewer

Journal Help

Font Size



Home Search Mail RSS


MODEL REFORMASI BIROKRASI PELAYANAN PUBLIK DENGAN PENDEKATAN ISO 9001 (STUDI KASUS PADA PUSKESMAS)

Sik Sumaedi

Abstract


Reformasi birokrasi institusi pelayanan publik bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan publik. Akan tetapi, masih banyak instansi pelayanan publik yang gagal menjalani reformasi birokrasi tersebut. ISO 9001 merupakan sebuah model sistem manajemen yang telah terbukti efektif untuk meningkatkan performa mutu suatu organisasi. Dalam kaitan tersebut, ISO 9001 dapat digunakan sebagai sebuah model untuk memfasilitasi terlaksananya reformasi birokrasi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana sebuah instansi pelayanan publik menerapkan ISO 9001, bagaimana pencapaian reformasi birokrasi pada instansi pelayanan publik yang tersertifikasi ISO 9001, dan mengkaji hubungan antara penerapan ISO 9001 dan pencapaian reformasi birokrasi pada instansi pelayanan publik dalam konteks sebuah puskesmas. Hasil penelitian menunjukkan proses-proses dan karakter khas puskesmas dalam menerapkan ISO 9001, pencapaian-pencapaian reformasi birokrasi puskesmas serta hubungan antara penerapan ISO 9001 dengan pencapaian reformasi birokrasi tersebut.

Keywords


reformasi birokrasi, pelayanan publik, ISO 9001



DOI: http://dx.doi.org/10.31153/js.v13i2.127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.