Page Header

Home Search Mail RSS


ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MENDORONG INDUSTRI KECIL MEBEL DI JEPARA UNTUK MENERAPKAN STANDARD

Arfan Bakhtiar, Diana Puspitasari, Arief Rakhman

Abstract


Saat ini banyak perusahaan besar dan kecil di Indonesia yang sudah mulai menerapkan standard baik standard. Untuk meningkatkan mutu produk Industri Kecil dan Menengah, tentunya pemerintah terus berupaya untuk mendorong penerapan standard agar mampu bersaing di pasar internasional. Usaha pemerintah untuk menumbuhkan kesadaran penerapan standard tentu tidak mudah dikarenakan rendahnya kesadaran pelaku usaha terutama Industri Kecil akan manfaat yang diperoleh dari penerapan standard. Selain itu, banyak pelaku Industri Kecil yang menganggap bahwa standard itu sebagai hambatan bukan sebagai solusi. Disamping itu, tingkat pendidikan yang kurang juga mempengaruhi pelaku usaha untuk menerapkan standard dikarenakan mereka tidak memahami isi standard. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin melakukan penelitian yang berkaitan dengan faktor yang mendorong pemilik Industri Kecil Mebel di Jepara untuk menerapkan standard.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mendorong Industri Kecil untuk menerapkan standard. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 85 Industri Kecil mebel di Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan 18 variabel yang diadopsi dari penelitian sebelumnya menegenai faktor – faktor yang mempengaruhi Industri Kecil dan Menengah dalam menerapkan standard. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis faktor yang digunakan untuk mereduksi variabel – variabel yang ada menjadi suatu faktor yang dapat mewakili isi atau informasi dari variabel tersebut.

Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan diperoleh bahwa terdapat tujuh faktor yang mendorong industri kecil dalam menerapkan standard antara lain: faktor internal perusahaan, faktor pengembangan dan motivasi internal perusahaan, faktor sarana dan prasarana perusahaan faktor kebutuhan perusahaan, faktor budaya dan keuangan perusahaan, faktor atribut pekerja, dan faktor kompetitor.

 

Hasil penelitian ini bermanfaat bagi stakeholder khususnya pemilik usaha dan pemerintah, Hal tersebut dikarenakan pemilik usaha dapat mengetahui faktor apa yang mendorong usaha mereka dalam menerapkan standard dan manfaat bagi pemerintah dapat membuat kebijakan yang berkaitan dengan faktor tersebut sehingga penerapan standard bisa dilakukan dengan sebaik mungkin.

 

Kata Kunci: Industri Kecil, Standard, Standardisasi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31153/js.v18i3.611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.